Kabupaten Sidoarjo

KABUPATEN SIDOARJO

MUSEUM NOU TANTULARBUDURAN
Museum ini dibangun pemerintah provinsi jawa timur yang berada di jl.buduran sidoarjo pada 14 mei 2004.
 
BATU PRASASTI
Merupakan batu peninggalan sejarah kerajaan majapahit yang berada di desa tropodo kecamatan krian, sidoarjo.
 
PATUNG H.R.M MANGOENDIPROJO
Merupakan salah satu pahlawan dalam pertempuran dengan tentara inggris tahun 1945. Patung ini berada di bawah jalan layang buduran sebagai pintu masuk kota sidoaro.
 
TUGU PON
Tugu ini didirikan pada tahun 2000 , untuk menyambut pekan olahraga nasional (PON). Tugu ini berdiri persis di depan gelanggang olahraga sidoarjo.
 
CANDI DERMO
Berada di desa candi negoro kecamatan wonoayu, yang didirikan pada tahun 1535 saat masa pemerintahan adipati kusen. Merupakan symbol pintu majapahit.
 
CANDI PARI
Candi ini berdiri di tengah-tengah desa candi pari kecamatan Porong +- 15 KM kea rah selatan sidoarjo. Merupakan satu-satunya candi peninggalan kerajaan Mojopahit.
 
CANDI SUMUR
Candi ini berlokasi di kecamatan porong Sidoarjo. Sekitar 100-200 M sebelah barat daya candi pari. Didirikan pada masa yang sama dengan candi pari , krduanya merupakan cagar budaya di kabupaten sidoarjo.
 
CANDI PAMOTAN
Merupakan salah satu candi peninggalan kerajaan majapahit , terletak di desa pamotan kecamatan porong sidoarjo.

MAKAM DEWI SEKARDADU
Merupakan makam dari putri dari raja blambangan yang bernama minak sembayu, yang diyakini sebagai ibu sunan giri. Makam ini berada di dusun kepetingan , desa sawoan , kecamatan buduran.
 
MAKAM KH.ALI MAS’UD
Makam ini terletak di pagerwojo kecamatan kota sidoarjo. Beliau merupakan tokoh yang menyebar agama islam di kabupaten sidoarjo
 
PESTA NYADRAN
Nyadran atau ruwatan ini merupakan kegiatan bersih desa, ruwah desa atau lainnya. Tepatnya di desa balongdowo kecamatan candi . merupakan adat bagi para nelayan kupang sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
 
KAMPUNG SANDAL DAN SEPATU
Tempatnya di desa wedoro kecamatan waru sidoarjo. Daerah perbatasan dengan Surabaya. Merupakan tempat jualan sepatu dan sandal di sidoarjo. Outletnya mencapai lebih dari 210 stok.
 
INTAKO TANGGULANGIN
Merupakan salah satu sentra produsen tas terbesar di Indonesia tepatnya di desa kludan kedensari, kecamatan tanggulangin.
 
KAMPUNG BATIK JETIS
Merupakan pusat batik di jetis, sidoarjo, sejak tahun 1675.
 
DELTA FISHING
Terletak di desa prasung kecamatan buduran , sidoarjo. Merupakan tempat mincing dan rekreasi.
 
KEPETINGAN
Merupakan makam putri ayu dewi sekar dadu, dan ada juga kuliner udang di sana.
 
WISATA BAHARI TLOCOR
Wisata ini berada di pulau sarinah desa tlocor. Untuk kesana bias menggunakan perahu kurang lebih 15 menit.
 
KUSUMA TIRTA MINAPOLITHAN
Merupakan tempat rekreasi, yang berada di sidoarjo.

SUN CITY WATERPARK
Merupakan wahana  rekreasi air terbesar di sidoarjo yang dibangun pada tahun 2004. Wisata ini berada di jl.pahlawan no.1 sidoarjo.